Kamis, 24 Agustus 2017

Cara Menghitung Kebutuhan Protein Tubuh Kita

Berdasarkan temuan penelitian dari beberapa ahli nutrisi, protein sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan mempertahankan massa otot. Selain itu, asupan protein yang tepat juga membuat orang tidak mudah merasa lapar. Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari dan menghitung asupan protein dalam makanannya.

Padahal, terlalu banyak asupan protein bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Biasanya asupan protein bisa didapat dari berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, telur, ikan, daging dan tahu. Ahli gizi caraku hidup sehat Universitas New York Lisa Sasson mengklaim, sebenarnya ada dosis ideal asupan protein yang dibutuhkan seseorang dalam sehari.

Sasson menyebutkan, ada formula sedehana yang bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan protein dalam sehari. Pertama, hitung bobot Anda, lalu bagi dengan 2.2, dan hasilnya dikalikan dengan 0,8. Namun, jika Anda enggan melakukan perhitungan rumus, Anda bisa mengandalkan konsultasi ahli diet di berbagai klinik kesehatan atau rumah sakit.

Sasson juga memberi contoh, untuk seseorang yang beratnya mencapai 150 kilogram (atau sekitar 68 kilogram), maka ia membutuhkan asupan protein sebanyak 55 gram setiap harinya. Namun, jika Anda melihat diet biasa yang terbentuk di masyarakat, biasanya asupan protein dalam sehari akan berlebihan. Misalnya saat sarapan pagi, orang tersebut makan telur dan daging.

Kemudian saat makan siang, orang tersebut mengkonsumsi sandwich ayam, dan dilanjutkan dengan makan dengan kacang. Jika dihitung, semua makanan ini sudah mengandung sekitar 70 gram. Sasson mengatakan, asupan protein terlalu banyak masih dapat ditolerir jika tidak terjadi secara rutin atau setiap hari.

"Akan menjadi masalah jika saya terus konsisten dan terus menerus setiap hari." Konsekuensi negatif dari kelebihan protein adalah risiko kelebihan berat badan dan gangguan pencernaan, "kata Sasson, dikutip oleh Business Insider pada hari Selasa 16/8.

Kondisi ini sejalan dengan hasil penelitian terbaru dari Journal of Clinical Nutrition, yang melakukan penelitian terhadap 7.000 orang dewasa. Berdasarkan penelitian ini, orang yang memiliki asupan protein tinggi setiap hari memiliki risiko lebih tinggi kelebihan berat badan, dibandingkan mereka yang memiliki asupan protein cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Kolang Kaling Saat Ramadhan

Tanpa bulan suci Ramadhan, itu akan segera memasuki minggu ketiga. Selama 30 hari penuh, umat Islam di seluruh dunia menahan keinginan untuk...